Content

Wednesday, March 29, 2017

Menggambar di Lingkungan tempat tinggal


Saya dan segelintir kecil teman rumah saya di RT 02 memang tidak bisa diam ketika berada di lingkungan tempat kami tinggal. Apalagi ketika terjadi suatu kejadian yang membuat lingkungan tempat kami tinggal menjadi dicap buruk.

Suatu ketika, para abg-abg di lingkungan RW tempat saya tinggal terlibat kasus perkelahian massal atau biasa disebut tawuran. Dari situ masalah terus berlanjut. Hingga puncaknya pada suatu malam berdatangan anak-anak abg entah darimana memasuki lingkungan RW kami. Bahkan petugas keamanan pun tidak berani mengingat anak-anak ini datang dengan jumlah yang banyak dan membawa senjata tajam. Mereka merusak pos keamanan RW kita tinggal.

Dari kejadian itu teman se-RT 02 saya berinisiatif untuk mengajak kegiatan yang bersifat positif. Kebetulan kita lebih aktif dalam hal menggambar. Salah satu teman mengajak anak - anak abg dilingkungan RW kami untuk menggambar bersama. Dan mereka menyetujuinya. Area yang digambar pun hanya tembok-tembok di lingkungan RW kami.

Jalan Tungkal 6


Bruuuuuuum

Saya diliatin sama anak SD!

Kami berkolektif dalam melakukan kegiatan menggambar ini. Terkadang para tetangga tak jarang menyediakan makanan atau minuman, terkadang memberikan materi berupa uang untuk biaya tambahan membeli cat. Dari kegiatan ini diharapkan pandangan buruk para warga terhadap anak-anak menjadi berkurang.

Ini pos yang sempat dihancurkan sama anak anak abg entah darimana

Pos Security 1

Pos Security 2

Pos Security 3

Salah satu manfaat menggambar di lingkungan tempat saya dan teman-teman tinggal adalah membuat semua anak-anak menjadi guyub atau kompak. Bahkan tak jarang ibu dan bapak-bapak suka mendadak ikutan kumpul ketika kami sedang menggambar. Manfaat lainnya adalah bidang gambar kita menjadi salah satu objek foto.


Baturok X Kurang Tidur

 Wall of Love

Tembok interaktif, tembok mati ini jadi tempat untuk menulis kata - kata bertemakan cinta. banyak juga ternyata yang menulis disini setelah mural selesai 



Kegiatan yang banyak 'dimotori' oleh teman saya yang bernama Prima ini memang tidak menghasilkan keuntungan berupa materi atau uang. Tapi harapannya adalah mengajak anak-anak di lingkungan warga kita tinggal  untuk melakukan kegiatan positif, dalam hal ini menggambar di dinding atau biasa disebut dengan mural.


0 comments:

Post a Comment